Info Penting! Inilah Ukuran Baja Ringan Pada Umumnya

Jenis-Jenis Baut
Wajib Baca! Ini Lho Jenis-Jenis Baut & Tips Memulai bisnisnya
27 Oktober 2018
Jenis-Jenis Ukuran Sekrup
Mau Tau? Inilah Jenis-Jenis Ukuran Sekrup Standar
27 Oktober 2018

Ukuran Baja Ringan – Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pemasangan atap baja ringan alangkah baiknya anda harus mengenal terlebih dahulu material kontruksi baja ringan yang akan di gunakan, serta bentuk profil baja ringan serta jenis, ukuran dari baja ringan yang akan anda gunakan nantinya.

Ukuran Baja Ringan

Dengan hal tersebut tentu sudah tidak heran lagi jika seseorang yang akan membeli baja ringan dengan harga yang murah tetapi kualitas bagus, oleh karena itu anda tidak perlu khawatir karena untuk saat ini sudah banyak kontruksi yang menawarkan baja ringan dengan kualitas bagus dan harga yang ringan. Sudah banyak sekali di sini yang telah menawarkan di sini anda dapat menjumpainya di berbagai toko-toko baja ringan di setiap wilayah.

Untuk penggunaan baja ringan ini yang paling umum di gunakan adalah baja ringan dengan bentuk canal atau C. ke semua bentuk tersebut dapat di gunakan sebagai penyusun kontruksi atap baja ringan sebagai rangka atap rumah ataupun gedung. Baja ringan murah berbentuk canal dan omega ini sudah banyak tersedia di beberapa toko dan jasa kontruksi.

Untuk profil batang baja ringan yang paling banyak di gunakan yaitu profil canal atau C. bentuk dari profil canal tersebut yang di anggap sebagai profil baja ringan. Profil canal C tersebut merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.

Penampang profil ini juga sudah banyak di gunakan pada baja konvesional sebelum baja ringan hadirdan untuk saat ini masih di pakai. Pada profil C memiliki kelebihan utama yaitu pada saat di gabungkan dua profil C yang saling berhadapan di satukan menjadi box atau kotak.

Ukuran Baja Ringan

Ukuran Baja Ringan untuk dimensi ukurannya, tebal baja ringan yang sering di gunakan pada kontruksi baja ringan umumnya memiliki ketebalan 0,75 mm sampai 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda kontruksi. Sedangkan untuk batten/reng ketebalan yang di gunakan berukuran 0,40 mm sampai 0,60 mm. untuk tingginya profil ini juga memiliki variasi ukuran mulai dari 70 mm sampai 100 mm dan pada batten/reng memiliki tinggi 31 mm sampai 60 mm. variasi ukuran tersebut dapt menyesuaikan dengan beban atau kekuatan yang di kosongkan.

 

TRUS/Kaso Metal Baja Ringan

Kaso berbahan plat baja gaya Tarik tinggo (G550) ini baja ringan yang di lapisi dengan seng dan aluminium atau di namakan zincalume/galgavalume namun ada juga yang berbahan galvanis.

Ukuran baja ringan tinggi dari profil C ini adalah 75 cm dengan panjang 6 m dan ketebalan yang bervariasi. Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm sampai 1 mm. dapat di gunakan untuk rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

 

Reng Baja ringan

Ukuran baja ringan Bbentuk dari baja ini seperti trapezium, dan di gunakan sebagai peletakan atap. Ketebalan reng ini 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40  mm.  karena semakin tinggi profil reng ini maka semakin kuat.

 

Baja ringan Taso

Baja ringan dengan merk ini memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm dengan panjang 6 meter perbatangnya.

Aksesorisnya meliputi :

  • Bracket L profil tebal 1,5 mm
  • Dynabolt, diameter 12 mm, panjang 100 mm
  • Baut type self drilling screw ukuran 12-14×20 bright zinc 10-16x bright zinc

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari baja ringan di bandingkan material jenis lainnya :

 

  1. KUAT

  • High tensile

Baja ringan ini memiliki kekuatan tensile(kekuatan tank, lipat, punter) serta kekuatan Tarik yang tinggi yaitu sebesar G550 atau mampu untuk menahan beban sebesar 550 kg. sementara jika baja biasa hanya mampu menahan sekitar 300 mpa. Kekuatan Tarik dan tegangan ini untuk mengompensasi bentuk yang tipis yaitu sekitar 0,4 mm sampai 1 mm. di samping bahan dasar baja ringan yang terbuat dari karbon steel dan membuat lima kali lebih kuat dari baja biasa serta lebih kuat dari mild steel.

  • Kuat terhadap karat

Material logam seperti baja biasanya sangat mudah terokdasi(bereaksi dengan oksigen) dan biasanya terjadi jika berada di tempat terbuka sehingga mudah untuk terkena air dan juga udara bebas, namun baja ringan ini telah di lindungi oleh lapisan anti karat berupa zinc dan aluminium yang membuat baja ringan ini menjadi memiliki daya tahan 4x lipat dalam menghadapi karat di bandingkan dengan baja biasa yang hanya menggunakan zic saja.

  • Kuat terhadap rayap dan api

Pemasangan atap baja ringan jelas lebih unggul jika di bandingkan dengan menggunakan kayu, karena baja ringan tidak bisa di makan oleh rayap dan lebih tahan terhadap api. Dan tentunya engan menggunakan bahan baja ringan ini tentunya bangunan anda akan lebih awet dan lebih aman di banding menggunakan material yang lainnya.

 

  1. EKOMONIS

Pemasangan atap menggunakan baja ringan ini lebih tahan lama dan lebih aman di banding bahan jenis lainnya, hal tersebut tentu membuat baja ringan ini lebih terlihat ekonomis di banding lainnya.

 

  1. PRAKTIS

Penggunaan baja ringan ini terlihat lebih mudah dan juga praktis, karena perakitannya langsung di lakukan di lokasi proyek sesuai dengan spesifikasi dan desain yang telah di pesan sebelumnya. Selain itu juga lebih hemat waktu dan tenaga karena dapat melakukan pekerjaan kontruksi lainnya secara bersamaan. Sehingga orang yang memasang pun akan lebih mudah dalam perakitannya karena profil baja ringan ini sudah di desain sedimikian rupa sehingga penyambungannya akan lebih mudah.

 

Kenapa pemasangan rangka atap baja ringan tersebut sangatlah tepat ?

  • Proses pembangunan ingin lebih cepat

Pemasangan rangka atap baja ringan ini terbilang lebih mudah dan cepat terutama dengan menggunakan software khusus dan pengerjaannya di kerjakan oleh tukang yang berpengalaman. Tentunya hal tersebut sangatlah mampu menghemat waktu pengerjaan. Pemasangan rangka atap baja ringan bisa mencapai 30 meter persegi di setiap harinya. Waktu tersebut terasa jauh lebih cepat jika di bandingkan dengan pemasangan rangka atap menggunakan kayu, terlebih kini banyaknya toko yang menyediakan jasa pemasangan rangka atap baja ringan dengan kualitas yang bagus.

 

  • Penghematan Biaya secara Maksimal

Selain pekerja, waktu pelaksanaan dan ukuran rumah, material bangunan juga menjadi faktor penunjang untuk penghematan biaya bangunan rumah. Pemasangan rangka atap baja ringan adalah salah satunya dan waktu pengerjaannya juga lebih singkat tentu akan mempengaruhi pengeluaran biaya untuk tukang bangunan. Di sisi lain juga rangka atap baja ringan juga anti terhadap serangan rayap, tidak muai dan susut, tahan api, dan tahan terhadap korosi sehingga dapat mengirit pengeluaran biaya untuk biaya service. Di sisi lain juga harga di setiap toko-tokonya menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga :

 

Pembangunan di Area Rawan Longsor

Minimnya lahan beriringan dengan mahalnya biaya lahan yang ditawarkan saat ini terkadang membuat sebagian orang mati langkah. Sebagian orang terpaksa memilih lahan yang pada dasarnya rawan longsor karena tidak adanya pilihan lain yang sesuai dengan kantong.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Pemasangan rangka atap baja ringan sangatlah tepat untuk pembangunan di area rawan longsor tersebut. Rangka atap baja ringan yang memiliki bobot lebih kurang 6 kg saja untuk setiap meter perseginya. Bobot ini terbilang ringan bila dibandingkan bahan rangka atap lainnya. Disarankan untuk menahan dinding tanah agar tidak longsor dengan dinding gravitasi (dari pasangan batu kali) untuk ketinggian dinding tidak lebih dari 4 meter, dinding penahan tanah kantilevert (dari beton bertulang) untuk ketinggian dinding tidak lebih dari 6 sampai 7 meter, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran baja ringan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

Selamat membaca – Service rolling door jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by