Wajib Baca! Teknik Las Listrik & Hal Yang Perlu Diperhatikan

Tips Merawat Folding Gate
Service Folding Gate dan Tips Merawatnya
24 November 2018
Alat-Alat Las Listrik
Penasaran? Inilah Alat-Alat Las Listrik & Tips Membeli Las Listrik
25 Oktober 2018

Teknik las listrik – Teknik pengelasan ini banyak sekali di cari oleh orang-orang yang ingin belajar teknik mengelas dengan baik dan benar, teknik las tersebut sebenarnya sudah di dapatkan saat masih duduk di bangku sekolah khususnya untuk jurusan teknik. Tetapi bagi orang yang ingin membuka usaha di bengkel pengelasan tentu harus memiliki teknik yang lebih dan harus berlatih setiap saat karena jika tidak memiliki keahlian yang lebh atau ilmu yang bagus maka hasil yang di kerjakan pun kurang memuaskan sehingga konsumen akan merasa di rugikan. Nah untuk itu di sini kami akan memberikan tips pengelasan yang dapat membantu anda dalam belajar mengelas dengan baik dan benar.

 Teknik Las Listrik

Jika teknik tips mengelas yang kami berikan di sini berbeda dengan teknik yang di terapkan tentu anda akan bertanya-tanya dan kebingungan teknik mana yang benar dan baik untuk di laukakan, nah tujuan kami di sini adalah untuk berbagi-bagi ilmu pengetahuan tentang teknik mengelas yang baik dan benar maka tidak salah jika setiap teknik pengelasan itu berbeda-beda. Dan di sini kami juga tidak menyalahkan siapapun jika teknik yang kami berikan di gunakan oleh orang lain. Di sini kami akan membagi ilmu tentang teknik mengelas khusunya menggunakan las listrik.

 

Teknik Las Listrik

Sebelum melakukan pengelasan anda harus menyiapkan alat-alat berikut ini :

  •  Mesin las listrik
  •  Kacamata pengaman
  • Elektroda
  • Kelem dan lead
  • Palu
  • Bahan yang akan di las
  • Sikat kawat
  • Sarung tangan las
  • Rompi anti api
  • Sepatu anti api
  • Untuk arus listrik menyesuaikan dengan kekuatan mesin las
  • Alat pemadam kebakaran

 

Persiapan yang harus di lakukan sebelum melakukan teknik pengelasan

 

1.    Sebelum memulai proses pengelasan  hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang nantinya akan di butuhkan seperti yang sudah kami sajikan di atas, di sini anda jangan sekali-kali menggunakan sepatu biasa yang mudah terbakar karena percikan api. Di sini anda harus memastikan jika sepatu yang anda pakai di sini sudah terutup rapat dengan menggunakan celana yang tidak mudah terbakar maupun mengikat kain anti api ke sepatu yang anda gunakan untuk menutupi celah sepatu. Dan kami di sini menyarankan untuk menggunakan sepatu menelas yang berukuran tinggi seperti sepatu boot, hal tersebut bertujuan agar saat terjadi percikan api otomatis percikan tersebut tidak akan masuk ke dalam sepatu tersebut karena untuk percikan api sendiri tidak mudah padam jika jatuh ke dalam kulit dan tentu kulit anda akan terbakar. Jadi kesimpulannya adalah gunakanlah alat standar keamanan dan keselamatan.

 

2.    Siapkan meja kerja yang akan di guanakan. Kebanyakan orang menggunakan tanah sebagai tempt untuk meletakkan bahan yang akan di las. Di sini kami menyarankan anda untuk membuat meja kerja untuk melakukan pengelasan. Hal tersebut tentu lebih bagus karena nantinya bahan yang akan anda las tidak mudah untuk terkena korosi dan otomatis proses pengelasan akan berjalan lebih mudah. Namun di sisi lain jika anda tidak memiliki meja kerja anda dapat menggunakan tanah atau lainnya sebagai jalan alternatif untuk meletakan bahan las.

 

3.    Selanjutnya anda dapat mengatur tegangan mesin las sesuaikanlah dengan tebal bahan yang akan di las, selain itu sesuaikan juga dengan elektroda yang akan anda gunakan.

 

4.    Pakailah elektroda yang menurut anda tepat dan benar, elektroda di sini menyesuaikan dengan bahan yang akan di las nantinya baik itu besi maupun stainless karena elektroda yang di pakai berbeda. Jika bahan yang akan anda gunakan adalah aluminium  maka anda harus menggunakan elektroda aluminium juga. Tebal elektroda juga dapat meyesuaikan dengan tebal bahan yang akan anda las. Semakin tebal bahan yang akan anda las maka semakin tebal juga elektroda yang di butuhkan.

Berikut ini merupakan proses teknik pengelasan :

  1. Teknik las listrik yang pertama anda harus membersihkan bahan yang akan di las, anda dapat menggunakan palu sebagai alat untuk membersihkan kerak pada permukaan area yang akan di las. Untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat menggunakan sikat baja.
  2. Teknik las listrik berikutnya letakkan bahan yang akan di las ke tempat yang sudah di persiapkan baik itu meja kerja maupun lantai, lalu atur kerapatan kedua bahan jika perlu gunakanlah klem.
  3. Jika bahannya terlalu tebal maka anda harus membuat coakan pada bagian yang akan di las, baik itu salah satu maupun dua-duanya. Sehingga ketika nanti di satukan maka nantinya ada tempat untuk cairan elektroda. Sehingga proses pengelasan akan benar-benar matang.
  4. Selanjutnya letakan masa mesin las pada salah satu bagian bahan yang akan di lakukan pengelasan, lalu masukan elektroda ke panel penjepit elektroda di mesin las. Pasanglah kemiringan elektroda dengan menyesuaikan posisi bahan. Kebanyakan sudah ada tempat khusus kemiringan elektroda pada tang penjepit elektroda yang anda gunakan posisinya masing-masing yaitu tegak lurus 90 derajat 30 atau 40 derajat
  5. Setelah bahan tersebut siap di las selanjutnya anda dapat perlahan-lahan mendekatkan ujung elektroda pada bahan yang kan di las
  6. Jarak antara ujung elektroda dengan bahan yang di las tentu akan sangat mempengaruhi kualitas pengelasan, jika jaraknya terlalu jauh maka akan timbul percikan seperti hujan bitnik api sehingga proses pengelasan pun akan menjadi tidak sempurna. Namun sebaliknya jika jarak api terlalu dekat otomatis api akan tidak sempurna sehingga tidak ada jarak yang cukup untuk tempat melelehkan elektroda.
  7. Di sini sini anda dapat menggunakan masker pelindung atau kacamata las untuk dapat memperhatikan bagian elektroda yang sudah mencair dan menyatukan antara dua bahan yang di las tersebut. Gerakanlah elektroda ke sepanjang area yang di las perlahan-lahan.
  8. Putar elektroda dengan perlahan jika area yang di las cukup luas sehinga cairan elektroda akan menutup rapat permukaan bagian yang di las tersebut.
  9. Dengan hasil yang baik saat pengelasan dapatdi lihat saat permukaan yang di las berbentuk seperti gelombang rapa dan lebih teratur dengan menutup sempurna bagian yang di las.
  10. Setelah selesai bersihkanlah kerak yang menutupi pada bagian yang di las tersebut dengan cara menggunakan palu. Cek ulang apakah bagian yang di las tadi sudah sempurna atau belum, jika belum sempurna anda dapat mengulangi pengelasan bagian yang belum tersatukan dengan baik pada beberapa kasus, bahan yang sudah di las harus di gerenda lagi jika pengelasan tidak sempurna namun jika tidak terlalu parah anda cukup mengelasnya di bagian yang belum terlas dengan sempurna.

 

Berikut ini merupakan beberapa osisi dalam teknik pengelasan :

  1. Pengelasan dengan posisi datar.
  2. Pengelasan dengan posisi horisontal.
  3. Pengelasan dalam posisi vertikal.
  4. Pengelasan dalam posisi overhead.

 

Metode Dalam Teknik Pengelasan

Apabila anda menempatkan bahan yang kita las berada di bawah anda baik di tanah maupun di meja kerja maka proses tersebut di namakan dengan pengelasan datar.

 

Teknik Pengelasan

Untuk pengelasan horizontal adalah saat bahan yang anda las berdiri di depan anda dan area yang akan anda las memanjang baik kearah kanan maupun kiri.

 

Teknik Pengelasan

Proses pengelasan vertikal sebenarnya hampir sama dengan pengelasan horizontal yaitu bahan yang anda las berada di depan anda hanya yang membedakan adalah pengelasan vertikal ini kea rah atas atau bawah.

Baca juga :

Teknik Pengelasan

Sedangkan untuk proses pengelasan overhead adalah saat bahan yang anda las berada di atas kepala anda dan di perlukan teknik yang khusus dan keamanan. Karena otomatis percikan api akan langsung jatuh ke bagian kepala anda oleh karena itu utuk melindunginya anda dapat menggunakan helm pengaman dan masker las.

 

Lihatlah video menarik teknik las listrik berikut ini :

 

Demikianlah info yang dapat kami sampaikan di atas mengenai teknik las listrik, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat. untuk informasi lebih lengkapnya anda dapat menghubungi nomor yang ada di bawah ini :

Hubungi kami

Telepon:+62 813-3524-2972
Whatsapp:081335242972
Email:[email protected]
Lokasi:Jalan. Inspeksi kali malang No.49 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat Indonesia

Salam sukses – Rolling Door Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by