Jenis-Jenis Peralatan K3 dan Tips Memilih APD Yang Benar

Alat-Alat Keselamatan Kerja Pengelasan
Perhatikan! Alat Keselamatan Kerja Pengelasan & Penjelasannya
26 Oktober 2018
Jenis-Jenis Baut
Wajib Baca! Ini Lho Jenis-Jenis Baut & Tips Memulai bisnisnya
27 Oktober 2018

Jenis-Jenis Peralatan K3 – Untuk anda yang beekerja di sebuah perusahaan pastinya lebih mengutamakan keselamatan kerja. Kesehatan dan keselamatan atau k3 ini telah di atur dalam undang-undang ketenagakerjaan, jadi setiap perusahaan dan pekerjanya di sini harus saling mengetahui mengenai keselamatan kerja yang sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat pelindung diri atau APD yang sesuai dengan standar yang berlaku.

Jenis-Jenis Peralatan K3
APD ini merupakan beberapa alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang dan fungsinya mengisolasi sebagian tubuh atau bahkan seluruh tubuh bertujuan untuk menghindari dari sebuah resiko kecelakaan saat di tempat kerja. APD ini terdiri dari kelengkapan wajib yang harus di gunakan oleh seluruh pekerja sesuai dengan bahaya atau resiko kerja yang di gunakannya sekaligus untuk melindungi seseoarang yang ada di dekatnya. Kewajiban tersebut telah tertera di peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010 mengenai alat pelindung diri. Pengusha di sini wajib menyediakan APD bagi pekerjanya sesuai dengan standar nasional Indonesia atau SNI.

 

Jenis-Jenis Peralatan K3

Beberpa kelengkapan atau peralatan yang wajib di gunakan saat anda sedang berkerja dapat di sesuaikan dengan potensi bahaya yang berkaitan hal tersebut untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja anda sehingga anda akan bekerja dengan nyaman dan aman. Alat pelindung diri ini penggunaannya telah di atur oleh pemerintah jadi anda harus mematuhinya, berikut ini kami berikan peralatan pelindungan diri yang sesuai dengan keselamatan dan kesehatan anda :

 

Berikut ini merupakan jenis-jenis pelaratan k3 yang sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

 

     1.  Helm keselamatan

Helm keselamatan

Jenis-jenis Peralatan K3 yang pertama adalah Helm keselamatan atau safety helmet ini berfungsi sebagai pelindung kepala dari berbagai macam kecelakaan seperti benturan, pukulan maupun kejatuhan benda tajam atau berat dari atas udara. Selain itu helm ini juga bisa melindungi kepala dari sebuah radiasi panas, api, percikan bahan kimia ataupun suhu yang ekstrim. Teteapi untuk beberapa pekerjaan yang tidak terlalu berat anda dapat menggunakan topi ataupun penutup kepala.

 

      2.  Sabuk dan tali keselamatan

Sabuk dan tali keselamatan

Jenis-jenis Peralatan K3 selanjutnya adalah Sabuk keselamatan atau safety belt ini merupakan alat yang berfungsi untuk membatasi gerak pekerja agar tidak terjatuh atau terlepas ari posisi yang di inginkan. Ada beberapa yang menharuskan untuk berada pada posisi yang berbahaya contohnya seperti pada posisi miring, tergantung maupun memasuki rongga sempit. Untuk sabuk keselamatan ini terdiri dari harness, lanyard, safety rope dan lain sebagainya yang dapat di gunakan bersamaan dengan beberapa alat lainya seperti karabiner, ropevclamp, dan lain-lain.

 

  1. Sepatu boot

Sepatu boot

Sepatu boot ini berfungsi untuk melindungi kaki dari sebuah benturan atau timpaan benda berat bahkan sampai tertusuk benda tajam. Terlebih untuk menghindari dari cairan panas atau dingin ua panas, bahan kimia yang berbahaya, bedanya dengan safety shoes adalah perlindungan yang lebih maksimal karena bentuknya yang tinggi dan melindungi sampai dengan ke betis dan tulang kering. adapun jenis-jenis sepatu lainnya yaitu :

  • Steel toe ini merupakan jenis sepatu unttuk melindungi jari-jari kaki dari suatu benda
  • Metatarsal ini merupakan model sepatu yang berfunsi khusu untuk melindungi seluruh kaki dari untukan tuas sampai dengan jari.
  • Reinforced sole ini merupakan model sepatu yang terbuat dari bahan penguat dari besi yang berfungsi melindungi dari sebuah tusukan ke kaki.
  • Latex/rubber merupakan sepatu yang tahan terhadap bahan kimia dan lebih memberikan daya cengkeram yang kuat pada permukaan yang licin.
  • Pvc boots ini merupakan sepatu yang berfungsi melindungi dari lembab dan membantu untuk berjalan di tempat becek
  • Vinyl boots merupakan sepatu yang tahan terhadap Lrutan kimia, asam, alkali, garam, air dan juga darah
  • Nitrile boots merupakan sepatu yang tahan terhadap lemak hewan, li dan bahan kimia.

 

  1. Masker

Masker

Masker pernafasan ini berfungsi sebagai pelindung organ pernafasan dengan cara menyaring vemaran bahan kimia, mikro organisme, partikel debu, aerosol uap, asap maupun gas. Sehingga nantinya udara yang di hirup maasuk dalam tubuh adalah udara yang bersih dan sehat. Masker ini memiliki jenis yang beragam seperti respirator, katrit, canister, tangka selam serta regulator dan alat bantu pernafasan.

 

  1. Penutup telinga

Penutup telinga

Penutup telinga ini terdiri dari ear plug atau ear muff dan fungsinya adalah untuk melindungi telinga dari suara kebisingan atau tekanan.

 

  1. Kacamata pengaman

Kacamata pengaman

Kacamata pengaman ini berfungsi sebagai alat pelindung yang fungsinya untuk melindungi mata dari sebuah paparan partikel yang melayang di udara maupun air, percikan benda kecil, benda panas, maupun uap panas. Selain itu juga kacamata pengaman ini berfungsi untuk menghalangi pancaran cahaya yang langsung mengarah ke mata, serta benturan, pukulan benda tajam. Jenis kacamata ini bisa berupa spectacles ataupun googgles.

 

  1. Sarung tangan

Sarung tangan

Sarung tangan ini fungsinya untuk melindungi jari-jari tangan maupun api, suhu panas, suhu dingin, radiasi  arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan, tergores benda tajam maupun infeksi dari zat pathogen seperti virus dan bakteri. Sarung tangan ini terbuat dari bahan materil yang bermacam-macam tergantung pada kebutuhan. Ada yang bahannya terbuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet dan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia.

 

Untuk sarung tangan ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah

  1. Sarung tangan katun (cotton gloves) sarung tangan ini di gunakan untuk melindungi tangan dari goresan tersayat dan juga luka ringan.
  2. Sarung tangan kulit (leather gloves) ini di gunakan untuk melindungi tangan dari sebuah goresan tersayat dan juga luka ringan
  1. Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), digunakan untuk melindungi tangan dari kontak dengan bahan kimia seperti Oli, Minyak, Perekat dan Grease.
  2. Sarung Tangan Electrical, digunakan untuk melindungi tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah sampai tegangan tinggi.

Baca juga :

  1. Pelindung wajah

Pelindung wajah

Pelindung wajah atau face shield ini merupakan alat pelindung yang fungsinya untuk melindungi wajah dari sebuah paparan bahan kimia yang berbahaya, partikel yang jatuh dari atas maupun air, percikan benda kecil maupun uap panas, benturan maupun pukulan benda keras maupun tajam. Pelindung wajah ini terdiri dari tameng muka atau faceshield, masker selam maupun full face masker.

 

  1. pelampung

pelampung

pelampung ini merupakan alat yang di gunakan oleh para pekerja yang berada di atas air atau permukaan air, hal tersebut bertujuan agar pekerja tersebut terhindar dari resiko tenggelam. Pelampung ini terdiri dari life jacket, lifevest maupun buoyancy control device untuk mengatur sebuah keterapungan.

 

Berikut ini merupakan tips memilih APD yang benar dan tepat di antaranya adalah :

  • Lakukanlah penilaian bahay (hazard assessment)
  • Identifikasikan bahaya
  • Pilihlah jenis APD yang sesuai dengan bahaya yang telah di identifikasi
  • Pilihlah desain dan kontruksi APD yang aman
  • Pastikan APD di pelihara dengan baik dan fungsinya masih optimal
  • Pastikanlah APD pas dan dalam kondisi yang nyaman untuk di gunakan pekerja
  • Pastikan tipe APD kompatibel jika di pakai dengan APD lainnya
  • Pilihlah APD yang memenuhi standar yang di terapkan misalanya seperti SNI atau ANSI

Jika alat pelindung diri dari perushaan tersebut rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik, maka harus segera mengganti dengan yang baru. Karena beberapa alat pelindung diri memiliki masa pakai jadi anda di sini harus mearwatnya dengan benar dan memperhatikan waktu pembelian serta masa pemakaiannya.

 

Lihat video menarik berikut :

 

Demikian informasi tentang jenis-jenis peralatan k3  yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis peralatan k3, semoga informasi yang kami samapaikan di sini dapat bermanfaat.

 

Selamat membaca – Rolling Door Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by