Wajib Baca! Ini Lho Jenis-Jenis Baut & Tips Memulai bisnisnya

Jenis-Jenis Peralatan K3
Jenis-Jenis Peralatan K3 dan Tips Memilih APD Yang Benar
27 Oktober 2018
Ukuran Baja Ringan
Info Penting! Inilah Ukuran Baja Ringan Pada Umumnya
27 Oktober 2018

Jenis-jenis baut – Baut adalah sebuah alat sambung yang bahannya terbuat dari besi batang bulat dan berulir, dan salah satu dari sisinya mempunyai kepala baut untuk standar umumnya baut berbentuk segi enam dan kemudian ujungnya di pasang muratau pengunci untuk melindungi baut tersebut. Untuk mengenai pemakaiannya baut ini di gunakan untuk membuat sebuah kontruksi agar dapat tersambung dengan sambungan yang tetap. Sambungan bergerak dan sambungan sementara tersebut dapat di rubah, di bongkar atau di lepas. Untuk bentuk ulirannya baut ini berbentuk segitiga. Hal tersebut karena di sesuaikan dengan penggunaannya yaitu untuk mengikat, sedangkan untuk ulir yang berbentuk segi empat di gunakan untuk baut penggerak contoh pengaplikasiannya dengan cara dongkrak atau dengan alat pemesinan.

Jenis-Jenis Baut

Jenis-Jenis Baut

Sementara untuk mur ini adalah sebuah alat mekanik yang bahanya terbuat dari bahan dasar campuran antara logam dengan membentuk segi enam dan untuk di tengahnya memiliki lubang yang berupa ulir, untuk fungsinya mur ini berfungsi sebagao pengencang ataupun pengunci antara baut dan juga benda. Jadi mur di sini dapat membantu baut untuk membantu menjepit suatu objek agar tetap bersatu.

Jadi kesimpulannya mur dan baut ini tidak bisa di pisahkan karena baut dan mur ini merupakan pasangan yang saling berkaitan dalam membantu dalam pengencangan maupun menyambung suatu benda. Seperti di ketahui mur dan baut ini sama memiliki fungsi yang saling berkaitan seperti yang sudah kami sampaikan di atas. Berikut kami berikan beberapa jenis baut serta mur di antaranya adalah :

 

  1. Jenis-jenis baut (bolt)

Untuk jenis-jenis baut ini  mempunyai berbagai macam jenis, mungkin di sini anda sudah mengetahui beberapa jenis baut namun untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan apa saja jenis baut (bolt)

 

  • Baut dengan kepala hexagonal (hexagonal bolt)

hexagonal bolt

Jenis-jenis baut yang pertama mungkin untuk baut dengan jenis yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi anda, baut jenis ini mempunyai kepala berbentuk segi enam ciri-cirinya sudah kita ketahui di pasaran karena baut jenis ini hampir di setiap bengkel atau took aksesoris motor selalu ada. Aplikasi untuk jenis baut ini memiliki bentuk dengan kepala hexagon dan biasanya di aplikasikan melalui perangkat hardware dari otomotif, eksterior dari kapal, kerangka kapal dan masih banyak lainnya. Untuk mengunci sebuah baut ini di butuhkan sebuah mur, dengan menggunakan mur sama bentuk dan ukurannya yaitu segi enam agar baut tersebut dapat mengunci sebuah komponen dengan kencang.

 

  • Baut flange (flange bolt)

flange bolt

Jenis-jenis baut yang selanjutnya ini jenis baut yang tidak asing lagi bagi anda, karena baut ini sebenarnya hampir mirip dengan jenis baut hexa bolt (baut segi enam) namun yang membedakan disini adalah baut flange ini memiliki sebuah ring pada bagian bawahnya, fungsi dari ring tersebut yaitu sebagai penahan supaya baut tersebut semakin kuat saat mengunci sebuah benda atau komponen. Jadi jenis baut yang satu ini di desain khusus untuk memberikan kekuatan pada baud tersebut.

 

  • Baut dengan kepala kotak (square head bolts)

square head bolts

Jika di baca dari namanya tentu anda sudah mengetahui bentuk baut jenis ini. Baut jenis ini di desain dengan bentuk kepala kotak yang membuat menjadi lebih menambah daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Untuk pengaplikasiannya baut jenis ini biasanya di gunakan di dunia industry berat dan pekerja kontruksi.

 

  • Baut carriage (carriage bolts)

carriage bolts

Baut jenis ini biasanya di sebut dengan baut berkepala jamur, baut carriage ini biasa di gunakan untuk sebuah kontruksi penyambungan berbahan dasar kayu. Baut yang memiliki bentuk kepala seperti kubah atau jamur dan dibawahnya memiliki sebuah bentuk seperti empat persegi. Jika mengetahui bagian leher atau bagian bawahnya baut ini berfungsi untuk mempererat komponen yang akan di sambungkan dengan menekanmasuk pada bagian kontruksi kayu sehingga akan menghasilkan ikatan pada kayu dan baut.

 

  1. Jenis-jenis mur

Tidak hanya baut saja tetapi di sini kami juga akan memberikan jenis-jenis mur. Mur ini merupakan pasangan dari baut karena hampir setiap ada baut tentu akan terdapat juga mur. Kedua benda ini akan selalu menjaga suatu kontruksi agar tidak terjadi crash atau kerusakan. Untuk perannya mur ini hampir sama dengan baut disisi lain mur ini memiliki banyak jenis yang di antaranya adalah :

 

  • Mur segi enam ( hexagonal plain NUT)

hexagonal plain NUT

Mur berbentuk segi enam ini mungkin sudah banyak di kenali oleh anda. Dan peran mur ini adalah sama dengan peran mur jenis lainnya yaitu untuk mengunci sebuah baut dalamsuatu komponen.

 

  • Mur pengunci (lock nut)

lock nut

Mur jenis ini merupakan mur yang ukurannya lebih tipis di bandingkan dengan mur pada umumnya. Mur jenis ini biasanya di pasang di bawah mur utama sebagai pengunci pada mur tersebut.

 

  • Mur dengan bentuk kastil (castellate nut)

castellate nut

Untuk mur jenis yang satu ini  mempunyai ciri khas yang sangat unik, yaitu di balut dengan bentuk seperti menyerupai kastil, jadi mur ini mudah untuk di kenaldan di pahami strukturnya dengan bentuk seperti mahkota atau crown. Mur jenis ini di lengkapi dengan mekanisme pengunci. Untuk kepalanya bertujuan mengunci posisi mur supaya tidak mengubaha posisi yang telah di tentukan.

 

4 Tips awal untuk memulai bisnis mur dan baut

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis mur dan baut ini, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

Bagi anda yang ingin membeli baud atau ingin menjalankan bisnis di dunia tersebut dapat mengetahui tips-tips dalam memilih baud. Berikut kami berikan tips dalam memilih jenis baud :

 

  1. Menentukan jenisnya terlebih dahulu

Menentukan jenis mur dan juga baud yang akan anda jual nantinya ke konsumen. Jadi di sini anda dapat fokus ke konsumen dan pasarannya. Karena baud ini jika di lihat dari kebutuhannnya baut ini memiliki ratusan jenis dan juga kegunaannya pun berbeda-beda. Jadi di sini anda harus memilih jenis baud yang bagus.untuk memilih jensi baud yang umum dijual di pasaran anda dapat memilih jenis baud dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda seperti baud untuk elektronik, baud untuk property maupun baud untuk industry.

 

  1. Survey harga dan kebutuhannya

Setelah anda menentukan salah satu jenis ataupun semuanya. Di sini anda dapat membeli baut tersebut secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda sebagai contohnya produk yang nanti harus anda bawa untuk di tawarkan ke seluruh pelanggan anda. Setelah mempunyai contoh produk baut tersebut anda dapat mengecek kualitas, bahan yang di gunakan serta ukurannya.

Baca juga :

  1. Pengadaan stok sesuai kebutuhan pelanggan

Setelah du acara di atas tadi berhasil anda lakukan. Selanjutnya anda melakukan evaluasi untuk mengetahui jumlah total kebutuhan mereka, jenis apa yang paling sering di pakai buatlah sebuah perhitungan harga jual yang kompetitif, hitunglah profit keuntungan setelah biaya operasional seperti kemasan dan transportasi. Bagi anda yang terjun langsung melakukan cara di atas tentu akan lebih mudah memahami langkah selanjutnya. Dan setelah itu lakukanlah pembelian baut sesuai dengan evaluasi tadi. Dalam melakukan pembelian, salah satu cara agar kita mendapatkan harga yang menarik adalah dengan datang langsung ke pabriknya atau cari tahu distributor besarnya.

Lihatlah video menarik berikut ini :

  1. Melakukan penjualan

Setelah anda melakukan pembelian dan produk baud sudah  di antar ke tempat anda, selanjutnya anda dapat melakukan evaluasi ulang dan mempersiapkan hal-hal apasaja yang mungkin bisa anda lakukan sebelum penjualan. Setelah tidak ada masalah dalam hal persiapan penjualan selanjutnya anda dapat berkunjung ke tempat-tempat dimana anda sudah menawarkan survey kebutuhan baud tadi. Di sini anda bisa menawarkan harga yang kompetitif, pengiriman yang jontinyu dan tentunya bisnis yang menjanjkan karena di sini baud merupakan kebutuhan yang banyak di pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis baut, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat banyak bagi anda.

 

Selamat membaca – Service rolling door jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by