Penasaran? Inilah Alat-Alat Las Listrik & Tips Membeli Las Listrik

Teknik Las Listrik
Wajib Baca! Teknik Las Listrik & Hal Yang Perlu Diperhatikan
25 Oktober 2018
Pasang Rolling Door
Service Rolling Door dan Tips Memilihnya
23 November 2018

Alat las listrik – Las listrik merupakan metode pengelasan yang sudah sering di gunakan oleh seluruh pekerja las untuk las listrik sendiri ini memiliki 2 macam yaitu las tahanan listrik dan las busur nyala listrik. Untuk kerja las lsitrik ini dengan cara mengalirkan arus listrik melalui bidang suatu benda yang akan di sambung, kemudian di beri tekanan sampai kedua bahan akan menyatu, sedangkan untuk las busur nyala listrik ini adalah teknik las dengan cara  mengubah arus listrik menjadi panas yang berfungsi untuk melelehkan permukaan benda kerja dengan membangkitkan busur nyala melalui elektroda.

Alat-Alat Las Listrik

Inilah Alat-Alat Las Listrik

Berikut ini merupakan beberapa peralatan las listrik :

 

  1. Mesin las

Untuk mesin las ini ini sering di sebut dengan pesawat mesin las yang dapat di gunakan pada bermacam-macam pengelasan busur listrik manual, terdapat dua jenis arus listrik yaitu :

  • Mesin las arus bolak-balik (AC)

Arus bolak-balik ini terdiri dari beberapa macam pesawat mesin las sperti transformator las, pembangkit listrik motor diesel. Pesawat mesin las yang sering di gunakan adalah transformator las yang mempunyai kapasitas 200 sampai dengan 500 ampere sehingga banyak di gunakan karena harganya relative lebih murah. Biaya operasiannya yang rendah dan voltase yang di keluarkan antara 36 sampai dengan 70 volt.

  • Mesin las searah (DC)

Las arus searah ini terdiri dari pesawat transformator pembangkit listrik motor disel, rectifier, pesawat yang di gerakkan oleh motor listrik.

Itulah beberapa jenis mesin las yang ada di pasaran, oleh karena itu anda dapat dengan mudah untuk mendapatkannya , tidak hanya di pasaran saja namun sejumlah situs online juga menyediakan.

.

2.    Alat bantu las

  • Kabel las

Alat las listrik yang pertama yaitu kabel las atau lead super fleksibel ini merupakan alat untuk menghantar arus dari mesin pengelasan ke benda kerja dan begitu pun sebaliknya. Kabel las terdiri dari lead dengan lapisan karet, kain, dan penguat lapisan fabric holder elektroda ataupun lead elektroda. Lead dari benda kerja ke mesin di kenal sebagai lead benda kerja. Tegangan pada lead tersbut memiliki berbagai macam variasi antara 14 sampai 80 volt. Lead tersebut memiliki beberapa ukuran yang semakin kecil nomornya.

  • Palu las

Alat las listrik palu ini di gunakan sebagai pelepas dan pengeluar kerak las pada jalur las dengan cara memukulnya atau menggoreskan pada daerah las.

  • Pemegang kawat las

Pemegang kawat las atau holder elektroda adalah peralatan las busur yang di pegang oleh welder ketika sedang mengelas. Holder ini di gunakan untuk menahan elektroda logam atau karbon. Handle pemegang terbuat dari bahan pelapis yang mempunyai tahanan panas tinggi dan tahanan lsitrik yang rendah. Di buat dengan tujuan untuk menyeimbangkan pegangan tangan, ada beberapa jumlah metode yang di pakai untuk menjepit elektroda dalam holder contohnya seperti kontruksi pincer dan pegas untuk menghasilkan tekanan sehingga di akan memperoleh sambungan yang baik dn bagus. Bersihkan daerah bahan yang di las dengan menggunakan sikat kawat supaya daerah tersebut menjadi lebih bersih. Rahang holder tersebut juga harus di bersihkan dengan menggunakan amplas atau alat lainnya. Holder elektroda akan lebih bagus jika di lengkapi dengan shield atau plat kecil tahan panas untuk mencegah panas radiasi dari las ke tangan welder.

  • Sikat kawat

Alat las listrik yang satu ini yaitu sikat kawat ini di gunakan untuk membersihkan benda kerja yang akan di las dan terak las yang sudah di lepas pada area las oleh pukulan palu las.

  • Klem massa

Klem massa ini berfungsi sebagai alat penghubung kabel masa dengan benda kerja yang terbuat dari bahan yang menghantar tembaga. Sebuah klem massa akan di lengkapi dengan pegas yang kuat dan dapat menjepit benda kerja dengan begitu baik.

  • Penjepit

Penjepit ini berfungsi untuk memegang atau memindahkan benda kerja yang masih panas setelah proses pengelasan.

 

3.    Kawat las (elektroda)

Kawat las perlu di siapkan sesuai dengan metode las, bahan sambungan. Kawat las ini memiliki bermacam macam bahan dan juga ukuran. Oleh karena itu jika terjadi kesalahan pemilihan kawat las maka otomatis menyebabkan las tersebut tidak bagus atau cacat.

Berikut ini merupakan beberapa merk mesin las:

  • Lakoni.
  • Lakoni Inverter.
  • Multipro.
  • Redbo.
  • ESAB.
  • Krisbow.
  • Rhino.
  • TOMECO.
  • EWM.

 

Berikut kami berikan beberapa tips sebelum membeli mesin las listrik:

1.    Budget

Untuk tips yang pertama ini anda harus menyiapkan sejumlah biaya yang nantinya akan di gunakan, minimal jika ingin membeli harga yang termurah anda harus menyiapkan sekitar satu juta ke atas.

2.    Durasi pemakaian

Anda di sini dapat memilih mesin trafo las listrik dengan jumlah durasi pemakaian yang lama contohnya adalah 8 jam non stop atau hanya untuk sekedar pemasangan saja. Meisn las 900 watt yakni sering di guanakan dalam jangka waktu yang singkat saja, apalagi mesin ini pemasangannya saja yang umum membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam. Sedangkan untuk memilih mesin yang dapat di gunakan untuk sehari-hari anda dapat memilih mesin dengan jenis daya 1500 watt ke atas. Mesin dengan daya tersbut lebih tahan lama ketika di gunakan berjam-jam.

  • Fitur genset

Kebanyakan kendala yang sering di alami jasa las listrik adalah jika daerah yang akan di pasang tidak ada listrik ataupun listriknya tidak ,encukupi kebutuhan. Dan untuk itu kami berikan solusi yaitu dengan menggunakan generator set. Namun yang perlu di ketahui adalah tidak semua jenis mesin las listrik 900 watt menunjang penggunaan pengaplikasian genset, mengingat voltase pada genset akan berubah naik turun dalam proses pengelasan. Dengan hal tersebut tentu akan mempengaruhi komponen-komponen elektronik yang ada di dalam mesin trafo las listrik tersebut. Oleh karena itu sebelum anda membeli mesin anda harus konsultasikan terlebih dahulu

 

Berikut ini tips Merawat Mesin trafo las agar tetap awet:

  • Dengan teknologi terbaru pada umumnya telah di lengkapi dengan perangkat thermostat sebagai salah satu pengaman jika mesin mengalami overhed. Tetapi thermostat ini tidak akan mampu menjamin sepenuhnya bisa untuk melindungi mesin dari overhead tanpa adanya pendinginan alami seperti sirkulasi udara yang yang bagus.
  • Membersihkan pada unit juga sangat penting dan perlu di perhatikan terlebih serbuk besi yang masuk ke dalam unit tersebut akan memicu terjadinya induksi atau konsleting. Oleh karena itu perlu di jaga agar mesin las listrik tersebut terhindar dari segala jenis cairan. Untuk rangkaian elektronik di dalam unitnya ini sangat rentan jika terkontaminasi dengan zat cair yang bisa menimbulkan arus pendek.
  • Pastikan sumber listrik terpasang dengan stabil. Jika menggunakan generator maka akan memiliki penyetabil tegangan agar regulatorny tidak cepat rusak.
  • Gunakanlah kawat elektroda las yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasinya atau kemampuan mesinnya supaya hasil pengelasan tersebut dapat sempurna dan performa mesinnya akan tetap terjaga kondisinya.

 

Berikut ini merupakan contoh cara menggunakan mesin las listrik 900 Watt

  1. Pasang clamp massa

Langkah awal dalam menggunakan mesin las listirk ini adalah pasang champ massa di terminal minus (-) dan kemudian tang pemegang elektroda di terminal plus (+)

  1. Hubungkanlah kabel power dengan sumber listrik

Gunakanlah sumber listrik yang sesuai dengan spesifikasi mesin las anda. Jika mesin anda 900 watt maka kami sarankan untuk menggunakan  sumber listrik yang lebih besar dari daya yang di butuhkan. Dengan kurangnya daya listrik ini tentu akan mengakibatkan hasil pengelasan menjadi tidak matang atau tidak maksimal. Jika mesin las anda sudah di lengkapi dengan generator protector maka anda dapat menggunakan generator sebagai sumber listriknya.

  1. Pilih / sesuaikan ampere

pilihlah ampere yang sesuai dengan benda kerja yang akan anda las, penentuan ampere akan menentukan seberapa panas yang akan di hasilkan nantinya jika semakin besar ampernya maka akan semakin besar juga panas yang di hasilkan. Panas yang di hasilkan tersebut dapat menentukan kematangan hasil pengelasannya.

  1. Jepit tang massa

Jepitkan tang massa ke bagian benda kerja yang akan di las apakah berfungsi sebagai ground (-)

Baca juga :

  1. Kaca mata las/topeng las

Sebelum pengelasan gunakanlah kaca mata atau topeng khusus untuk las bertujuan agar tidak mudah terkena efek sinar ultraviolet.yang dapat kami sampaikan di atas mengenai alat mesin las

Lihat video ulasan menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai alat las listrik, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat.

Salam sukses – Rolling Door Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by