Perhatikan! Alat Keselamatan Kerja Pengelasan & Penjelasannya

Alat tukang bangunan
Menarik! Inilah Alat-Alat Tukang Bangunan & Tips Memilih Tukangnya
26 Oktober 2018
Jenis-Jenis Peralatan K3
Jenis-Jenis Peralatan K3 dan Tips Memilih APD Yang Benar
27 Oktober 2018

Alat keselamatan kerja pengelasan – Keselamatan kerja pastinya menjadi salah satu hal yang terpenting dalam setiap pekerjaan. Hal tersebut sangat krusial karena tujuan dalam setiap pekerjaan adalah pekerjaan selesai dan anda aman. Nah untuk itu di setiap pekerjaan yang dilakukan tentu harus mengutamakan keselamatan tersebut dengan menggunakan alat-alat keselamatan kerja karena jika tidak maka keselamatan anda akan menjadi terancam. Di sini anda jangan hanya mengejar selesainya dan meremehkan keselamatan kerjanya karena semua akan sia-sia jika pekerjaan anda selesai tetapi nyatanya anda celaka.

Alat-Alat Keselamatan Kerja Pengelasan

Alat-Alat Keselamatan Kerja Pengelasan

Kecelakaan kerja di lapangan memang bermacam-macam mulai dari kecelakaan ringan hingga kecelakaan berat  bahkan sampai merenggut kematian. Untuk itu seorang pekerja tentu semestinya tahu akan ancaman kecelakaan kerja yang dapat menimpanya ketika bekerja, dan akan muncul kewaspadaan. Berbeda sebaliknya dengan orang yang tidak tahu akan bahaya dari sebuah pekerjaan maka akan berbuat semaunya sendiri tanpa memikirkan kecelakaan yang akan terjadi.

Walaupun sebenarnya perusahaan-perusahaan besar maupun kecil sudah menentukan akan peraturan keselamatan kerja, tetapi ada saja para pekerja yang tidak tahu akan peraturan yang di terapkan. Seolah-olah mereka sudah aman atau kondusif dari sebuah kecelakaan kerja. Mungkin saja karena pekerja tersebut sudah bekerja di perusahaan tersebut sudah lama namun tetap saja harus mematuhi peraturan keselamatan kerja supaya dapat bekerja dengan nyaman.

Mengelas merupakan sebuah pekerjaan yang di perlukan di dunia industri atau logam atau bahkan lainnya. oleh karena itu tidak heran jika terdapat banyak lowongan kerja di dunia pengelasan, jika banyak project pembangunan tentu memerlukan tukang las misalnya saja pembangunan jembatan yang berbahan besi dan logam atau baja maka di stulah tukang las bekerja.

Dengan upah yang besar tentu tidak menaruh kemungkinan keselamatan kerja. Sebab pekerjaan pengelasan cara membuat dan menyatukan permukaan benda yang akan di las.  Maka tentunya pekerjaan ini memerlukan temperatur panas yang tinggi, nah dengan panas yang tinggi tersebut tentu akan rawan kecelakaan kerja seperti kebakaran atau sinar api yang sangat terang.

Di sini bagi anda yang bekerja di suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pengelasan tentu sehari-hari akan bertemu dengan jenis alat-alat pengelasan yang kemungkinan ada beberapa yang membahayakan, oleh karena itu anda harus betul-betul memperhatikan keselamtan kerja supaya pekerjaan yang anda lakukan akan lebih nyaman dan aman.

Manfaat alat keselamatan kerja dalam pengelesan :

  1. Terhindar dari percikan api las, agar tidak mengenai mata maupu anggota tubuh lainnya
  2. Terhindar dari debu dan asap beracun
  3. Terhindar dari sebuah panas listrik pengelasan dan sinar ultraviolet maupun infra merah

Pekerjaan mengelas ini merupakan pekerjan dengan cara menyambungkan logam dengan logam melalui sistem pemberian panas dengan suhu yang berbeda-beda, tidak semua orang tentu bisa melakukan pekerjaan mengelas pekerjaan ini memerlukan ketrampilan yang khusus karena tanpa memiliki ketrampilan maka hasil yang di kerjakan akan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan selain itu juga akan menimnulkan resiko kecelakaan. Pekerjaan las ini adalah pekerjaan yang kebanyakan berkaitan dengan alat atau bahan yang mudah terbakar dan rawan akan kecelakaan.

Untuk mengetahui pemahaman keselamatan kerja las anda perlu memperhatikan dan melaksanakan peraturan keselamatan kerja karena hal semacam itu sangat krusial jika anda tidak memenuhi keselamatan kerja yang berlaku maka anda akan rentan terhadap kecelakaan kerja oleh karena itu anda harus mengerti alat-alat keselamatan kerja pengelasan dan juga fungsinya.

 

Berikut ini merupakan alat-alat keselamtan kerja dalam pengelasan

  1. Pakaian kerja las atau apron

Pakaian kerja las atau apron

Alat keselamatan kerja pengelasan yang satu ini merupakan pakaian yang dapat melindungi seluruh bagian tubuh dari panas sebuah percikan api las yang berjatuhan. Selain itu juga terdapat apron dada dan apron lengan ini terbuat dari bahan kulit. Karena jika dari kain biasa maka pakaian akan berlubang hal tersebut di sebabkan tingginya percikan api las.

 

  1. Sarung Tangan Las atau welding gloves

Sarung Tangan Las atau welding gloves

Alat keselamatan kerja pengelasan yang berikutnya ini merupakan sarung tangan yang memang khusus di buat untuk proses pekerjaan las, bahan sarung tangan tersebut terbuat dari bahan kulit atau jenis bahan lainnya yang sejenis seperti asbes dengan karakter lentur yang baik. Welding gloves ini berfungsi untuk melindungi kedua tangan dari sebuah percikan las dan panas material yang di hasilkan dari proses pengelasan.

 

  1. Sepatu las

Sepatu las

Sepatu las ini adalah alat keselamatan kerja pengelasan terbuat dari kulit dan bagian depan sepatu tersebut terdapat sebuah plat baja dimana berfungsi sebagai pelindung kaki jika kejaruhan benda yang berat dan benda membahayakan lainnya. selain itu juga karena bersifat isolator, sepatu ini juga melindungi dari sebuah bahaya seperti sengatan listrik.

 

  1. Helm Las atau Topeng las

Helm Las atau Topeng las

Helm las ini merupakan helm yang berfungsi sebagai pelindung bagian wajah dari sebuah percikan api las, panas las serta sinar las. Topeng las ini terbuat dari bahan plastik yang tahan panas selain itu terdapat juga tiga kaca yaitu bening, hitam, bening yang fungsinya sebagai pelindung mata dari sebuah sinar tampak atau ultra violet saat proses pengelasan.

Kaca las ini mempunyai kode nomor masing-masing di antaranya yaitu 6,7,8,10,11,12,14. Semakin besar ukurannya maka otomatis kegelapan kaca tersebut juga akan semakin tinggi. Jadi di sini anda dpat menyesuaikan kode nomor yang cocok dengan kondisi mata anda.  selain itu anda juga harus menyesuaikan amperenya karena jika ampere yang besar akan menimbulkan cahaya yang lebih terang.

 

  1. Masker Las

Masker Las

Masker las ini berfungsi sebagai alat pelindung pernafasan dari sebuah bahaya asap las yang masuk. Karena di sini asap las itu berbeda dengan asap-asap biasa, asap las ini di hasilkan dari pembakaran dari bahan kimia untuk perlindungan lasan dan juga pembakaran ataupun pelelehan dari material las tersebut. Oleh karena anda harus menggunakan masker karena asap ini hampir menyerupai seperti serbuk dan sangat membahayakan pernafasan anda.

Berikut ini merupakan syarat alat keselamatan kerja pengelasan

  • memberikan perlindungan yang cukup untuk para pekerja
  • ringan dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan dalam bekerja
  • dapat dipakai dengan secara fleksibel
  • tidak menimbulkan bahaya tambahan jika terdapat pemakaian yang kurang tepat dan benar
  • memenuhi standar pekerjan
  • tidak membatasi pekerja
  • suku cadang yang mudah didapatkan dan perawatannya mudah

 

Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu di perhatikan dalam keselamatan kerja pengelasan :

  1. Keselamatan terhadap bahaya kebakaran :

Pekerjaan sekecil apapun tentu memiliki arti yang cukup besar contohnya seperti pekerjaan pengelasan dengan proses las busur listrik tentu akan menimbulkan sebuah kecelakaan jika tidak berhati-hati karena dimana proses pengelasan ini percikan bunga api ini menetes dan tetesan tersebut bershuhu sangat tinggi antara 1200 celcius sampai 1600 celcius dan apabila tetesan bunga api tersebut jatuh ke benda yang mudah terbakar maka akan menimbulkan suatu api bahkan sampai kebakaran.

 

  1. Keselamatan kerja terhadap bahaya aliran listrik

Sebelum terjadi busur las antara benda kerja dan elektroda, terdapat tegangan kosong pada generator (arus searah) sampai 200 v dan pada transformator arus (arus balik) sampai 80 v. tegangan sebesar itu dapat membahayakan pengelas, jika anda memegang benda kerja dan elektroda dengan tangan langsung tanpa menggunakan alat pelindung maka anda akan mengalami sebuah kecelakaan apalagi jika kondisi kulit dalam keadaan basah.

 

  1. Keselamatan kerja terhadap cahay busur las.

Dari busur las yang terpancar cahaya yang tampak dan tidak tampak tentu akan membahayakan tukang las tersebut. Oleh karena itu kami sarankan untuk memakai alat pelindung seperti kacamata.

Baca juga :

Cahaya dapat di bedakan sebagai berikut ini :

  • Cahaya infra merah ( cahaya panas ) :

Sinar infra merah berasal dari busur listrik. Adanya sinar infra merah tersebut tidak segera terasa oleh mata, karena itu sinar ini lebih berbahaya, sebab tidak diketahui, tidak terlihat.

Akibat dari sinar infra merah terhadap mata sama dengan pengaruh panas, yaitu akan terjadi pembengkakan pada kelopak mata, terjadinya penyakit kornea dan kerabunan.

  • Cahaya ultra violet :

Sinar ultra violet sebenarnya adalah pancaran yang mudah terserap, tetapi sinar ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh.

Bila sinar ultra violet yang terserap oleh lensa melebihi jumlah tertentu, maka pada mata terasa seakan-akan ada benda asing didalamnya dalam waktu antara 6 sampai 12 jam, kemudian mata akan menjadi sakit selama 6 sampai 24 jam. Pada umumnya rasa sakit ini akan hilang setelah 48 jam.

Lihatlah video menraik berikut ini :

Bersifat bagaikan kilatan petir, dapat mengakibatkan pembengkakan pada selaput mata dan kelopak mata, mata merah dan pedih. Disamping itu dapat membakar kulit yang tak terlindungi, mirip seperti kena sinar matahari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai alat-alat keselamatan kerja pengelasan semoga dapat bermanfaat banyak.

 

Selamat membaca – Rolling Door Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by