Menarik! Inilah Alat-Alat Tukang Bangunan & Tips Memilih Tukangnya

Pasang Rolling Door
Service Rolling Door dan Tips Memilihnya
23 November 2018
Alat-Alat Keselamatan Kerja Pengelasan
Perhatikan! Alat Keselamatan Kerja Pengelasan & Penjelasannya
26 Oktober 2018

Alat tukang bangunan – Membangun suatu bangunan merupakan salah satu pekerjaan yang cukup berat dan melelahkan. Di sini anda harus bekerja dengan menggunakan tenaga yang ekstra untuk melakukan berbagai aktivitas dalam membangun sebuah bangunan, namun seiring berkembangnya zaman pekerjaan sebagai tukang bangunan pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan di sini anda dapat mengetahui alat-alat tukang bangunan dengan fungsinya.

Alat tukang bangunan

 

Alat-Alat Tukang Bangunan

Tukang bangunan atau buruh bangunan merupakan orang yang paling terpenting dalam terciptanya suatu bangunan rumah selain rumah-rumah juga merekalah yang berjasa atas terbangunnya gedung-gedung bertingkat meskipun ide-idenya diberikan dari arsitek, karena tanpa tukang bangunan gedung-gedung tersebut sulit untuk tercipta. Untuk membangun sebuah bangunan tentu membutuhkan alat-alat yang akan di gunakan, dan berikut ini kami berikan beberapa alat-alat tukang bangunan yang dapat anda pelajari :

 

  1. Meteran

Meteran

Untuk seorang tukang bangunan mestinya memiliki alat ukur meteran atau rolmeter dengan ukuran 3 meter, 5 meter, sampai 7,5 meter pada saat tertentu di butuhkan meteran dengan panjang mencapai 30 sampai 50 meteran. Terutama untuk pekerjaan mengukur kapling atau uitset. Namun semakin panjang meteran tersebut kebanyakan akan mudah rusak, kebanyakan kasus yang sering terjadi adalah meteran tidak bisa di tarik kembali lagi. Untuk jenis meteran yang paling awet saat ini adalah dengan panjang 3 meter.

Untuk pemakaian rolmeter pada bagian ujungnya ad metal yang bisa bergerak sekitar 1 mm ketika metal di tarik dan di cantolkan maka otomatis angka nol persis berada pada tepi benda yang di cantolkan, hal tersebut sebaliknya jika ditekan maka angka nol di mulai dari titik tekan tersebut.

 

  1. Gergaji

Gergaji

Gergaji ini memiliki tiga macam jenis kebanyakan di butuhkan dalam pengerjaan kontruksi di antaranya adalah gergaji kayu gergaji besi dan gergaji untuk memotong bata ringan. Untuk gergaji kayu terbagi dalam 2 jenis yaitu gergaji potong dan gergaji belah.

Terdapat tiga macam gergaji yang biasanya dibutuhkan dalam proses pengerjaan konstruksi. Ialah gergaji kayu, gergaji besi, dan gergaji untuk memotong bata ringan. Gergaji kayu terbagi dalam 2 jenis: gergaji potong dan gergaji belah.

 

  1. Palu

Palu

Palu ini merupakan alat tukang bangunan yang sejak dulu ada dan berfungsi banyak seperti untuk memaku, memperbaiki suatu benda dan penempaan logam. Bentuk palu terdiri dari kepala dan gagang palu, untuk gagang palu terbuat dari plastik atau karet yang tahan lama. Dan untuk variasi kepala palu bisa di lihat dari besar kecilnya ukuran, di situ dapat menyesuaikan dngan kebutuhan.

 

  1. Kampak kayu

Kampak kayu

Kampak di sini berfungsi untuk melancipkan kayu agar mudah untuk di gunakan jika anda akan memasang patok bouwplank.

 

  1. Waterpas

Waterpas

Waterpras ini berfungsi sebagai pengontrol ketegakan atau kedataran saat pemasangan keramik dalam ruang yang sempit maupun tangga. Untuk mengontrol kedataran pada ruang lebar dapat menggunakan selang timbangan sedangkan untuk mengontrol ketegakan anda dapat memakai lot.

Selang timbangan dari plastik bening ini berdiameter kecil yaitu 8 mm, merupakan alat ukur kedataran yang paling praktis dan lebih akurat selama gelembung udara tidak ada di dalamnya, panjangnya sekitar 5 sampai 15 meter tergantung dengan kebutuhan.

 

  1. Lot atau unting-unting

Lot atau unting-unting

Lot ini berfungsi sebagai pengontrol ketegakan seperti mengontrol ketegakan bekisting kolom, kusen, pasangan bata, lot ini memiliki berbagai macam ukuran. Untuk bangunan yang sederhana dengan ketinggian 3 meter cukup dengan berat 400 gram saja. Namun jika mengontrol lebih dari 6 meter maka di perlukan lot yang lebih berat agar tidak bergoyang.

 

  1. Siku besi

Siku besi

Untuk siku besi ini dapat di bedakan menjadi dua macam di antaranya adalah siku tukang kayu dan siku tukang batu. Untuk siku tukang kayu dapat di gunakan untuk menggaris papan sebelum pemotongan sementara untuk siku tukang batu di gunakan untuk mengontrol sebuah sudut pasangan.

 

  1. Cetok pasang

Cetok pasang

Cetok ini berfungsi untuk memasang batu alam, bata merah atau batako untuk pekerjaan plesteran atau pemasangan keramik. Model dari catok ini sangat beragam dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang di inginkan.

 

  1. Selang timbangan

Selang timbangan

Selang timbangan ini merupakan selang yang terbuat dari plastik dan berdiameter kecil yaitu 8 mm dan merupakan alat ukur kedataran yang tergolong paling praktis dan akurat, sedangkan untuk panjangnya selang ini memiliki panjang sekitar 5 sampai 15 meter dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

  1. Roskam

Roskam

Roskam merupakan alat untuk memlester atau mengaci, mulai dari yang rata dan ada yang bergerigi. Untuk roskam yang bergerigi ini khusus untuk memasang keramik dengan cara tipis.

 

  1. Catut

Catut

Catut ini merupakan alat yang berfungsi untuk memuntir kawat bindrad saat akan merangkai pembesian, baik itu pembesian balok, kolom maupun plat. Catut ini juga bisa di gunakan untuk melepas paku yang tidak terlalu besar atau masuknya tidak terlalu dalam.

 

  1. Pahat beton

Pahat beton

Pahat beton ini berfungsi untuk memahat bagian yang harus di buang contohnya seperti ketika anda akan menanam sebuah pipa listrik pada pasangan bata maka otomatis di perlukan pahat yang di pukul dengan palu.

 

  1. Pemotong keramik manual

Pemotong keramik manual

Pemotongan keramik manual dengan menggunakan mata besi widya atau diamond, pemakain alat ini lebih praktis karena tidak berdebu dan tidak bersuara, tapi sayangnya alat ini tidak bisa di gunakan untuk memotong bentuk L atau lengkungan.

 

  1. Peralatan elektrik

Peralatan elektrik

Semua peralatan yang menggunakan mesin tergolong peralatan elektorni. Peralatan ini biasanya dimiliki oleh tukang borongan mengingat harganya cukup mahal. Diantaranya mesin gerindra dan mesin bor.

Selain 15 jenis peralatan itu, masih banyak peralatan tukang lainnya. Namun, biasanya disediakan oleh pemberi pekerjaan, seperti ember, linggis, cangkul, sekop, ayakan pasir, perancah, tangga, kerekan, kereta dorong, tong tempat air, slang air, sapu lidi, sampai sikat ijuk.

Berikut kami juga berikan tips memilih tukang bangunan :

 

  1. Pilihlah tukang yang memiliki pengalaman

Ketika anda akan memilih tukang bangunan, sebaiknya anda dapat meminta informasi dari kerabat atau tetangga tukang tersebut, jika ingin memilih sendiri tanyakan pengalaman kerjanya dan keahliannya. Pengalaman kerja yang banyak pada umumnya akan meningkatkan keterampilan tukang bangunan tersebut.

 

  1. Sesuaikan dengan keahliannya

Untuk setiap tukang bangunan pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda mulai dari yang ahli di bagian kayu, ada juga yang di bagian batu atau di bagian besi. Tenyakan terlebih dahulu kepada tukang yang akan anda pilih pekerjaan apa yang di kuasainya, pilih juga tukang yang memiliki inisiatif lebih untuk mengerjakan berbagai macam jenis pekerjaan.

 

  1. Komunikasi rutin

Agar hasil akhir yang di kerjakan sangat bagus, jadi di sini anda harus rutin berkomunikasi dengan tukang bangunan yang anda gunakan supaya nanti jika ada perbedaan pemahaman antara gambar kerja dengan aslinya dapat anda komplain. Oleh karena itu kami sarankan untuk mengecek langsung dan memeriksa pekerjaan yang di lakukan oleh tukang bangunan anda agar pkerjaannya sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan anda, jangan sampai nantinya justru anda rugi karena harus membpngkar bagian yang tidak cocok dengan keinginan anda.

Baca juga :

  1. Terbuka pada saran

Pada dasarnya tukang bangunan hanya bekerja berdasarkan perintah dari atasannya, akan tetapi di sini anda harus memilih tukang bangunan yang mampu memberikan masukan yang baik contohnya seperti mengakali kekurangan materialnya atau memperbaiki kerusakan-kerusakan bangunan. Ide-ide tukang bangunan tersebut kebanyakan di dapat dari pengalaman selama bekerja, jika saran dan ide yang di berikan oleh tukang bangunan anda menurut anda cocok maka terimalah.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai alat tukang bangunan, semoga informasi yang kami berikan di atas dapat bermanfaat.

 

Selamat membaca – Rolling Door Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hallo, Kami online?
Powered by